Mendunia Bersama Rumahweb, Saatnya Naik Level dengan Personal Branding yang Tepat

Naik Level dengan Personal Branding yang Tepat
(Naik Level dengan Personal Branding yang Tepat/Pixabay)

Kisah Saat 'Menuhin' Website Orang 

“Kak, kemarin aku nemu artikel kakak tentang Taemin di Google, dan aku tertarik setelah bacanya. Boleh minta video asli atau tweet terjemahan pas dia bilang gitu gak?” 

Aku tertegun membaca isi DM (direct message) yang masuk di Instagram. Ini bukan kali pertama aku mendapat pesan dari orang tak dikenal yang membahas tentang tulisanku. Namun, ini adalah kali pertama aku mendapat pesan yang menanyakan hal semacam begini.

Setelah terlambat membalas selama dua hari, aku pun langsung buru-buru membalas chat dari akun yang sulit untuk dilafalkan namanya ini. Membaca nama akunnya membuatku menghela napas, bagaimana bisa mudah dikenali jika melafalkan namanya saja butuh perjuangan seperti ini. 

Sebelum memulai menekuni bidang ini, nama memang menjadi pertimbanganku. Karena nama adalah hal pertama yang akan melekat pada citraku sebagai penulis. 

Menulis artikel tentang KPop memang telah kutekuni selama lebih dari setahun terakhir. Banyak berita yang telah kuangkat, mulai dari prestasi artis asal negeri ginseng, drama, ajang penghargaan bergengsi, berita duka, hingga kisah unik yang jarang diketahui orang.

“Cuma ini sisa riset yang aku punya,” balasku sambil mengirim dua buah foto tentang sebagian dari isi artikel yang aku tulis.

Setelah membalas pesannya, aku pun bertanya, apakah dia seorang penggemar? 

“Gak bisa dibilang fans juga sih, Kak. Tapi, aku kadang-kadang suka baca berita tentang mereka kalau kebetulan senggang,” jawabnya setelah aku mengutarakan rasa penasaranku.

“Aku ada banyak nulis tentang mereka. Biasanya di Google ada di halaman awal dan paling atas, cari aja kalau kebetulan mau baca,” ucapku sambil mempromosikan tulisanku yang lain.

Orang asing yang awalnya kukira sebagai KPopers ini pun memberikan jawaban yang tak terduga.

“Iya, aku juga sering baca tulisan Kakak. Muncul terus di Google. Tapi, baru ini aku berani DM karena penasaran sama video aslinya.”

Jawaban orang ini lalu membuatku tertegun sekaligus berpikir. Setelah belajar menulis hingga akhirnya tulisanku bisa terbit di berbagai media elektronik, mungkin ini saatnya aku memiliki website pribadi. Mungkin, belajarnya sudah cukup. 

Selama proses belajar, selain entertainment, aku juga pernah mencoba menulis berbagai niche, mulai dari news, relationship, kesehatan, finansial, ulasan, lifestyles, tekno, hingga opini. 

Topik yang dulu menurutku sulit, kini perlahan bisa kutaklukan. Portofolioku pun tidak monoton dengan topik yang itu-itu saja karena aku nekat menulis diluar dari zona nyaman. 

Selain itu, hal yang membuatku senang adalah, orang juga mulai mengenalku sebagai penulis konten karena tulisanku yang sering mejeng di halaman awal Google.

Namun, tiba-tiba terlintas ucapan seorang teman di benak.

“Beda rasanya kalau tulisan kita muncul di halaman awal Google karena nulis di media besar dan website (blog) pribadi. Kalau nulis di web pribadi terus bisa tembus di Google itu pasti rasanya seneng banget karena kita sudah bisa bersaing sama web-web raksasa itu,” ucapnya kala itu.

“Apa ini saatnya #naik level dengan punya website pribadi? Ngisi website orang, sudah banyak kayaknya. Sekarang mungkin saatnya untuk menuhin website sendiri,” batinku sambil menerawang, membayangkan cantiknya website pribadi yang kumiliki nantinya.

Suara kucing pun membuyarkan lamunan. Si oren berjalan mendekat sambil terus mengeong. Kucek jam digital di layar gawai dan memang sudah jam 2 siang. Sudah saatnya makan.

Sambil mengurus kucing gemuk yang berisik karena lapar, aku pun membulatkan tekad untuk menjadi penulis konten yang #naik level karena memiliki website pribadi yang terorganisir.

#Naik Level dengan Personal Branding yang Tepat

Niat setinggi gunung arjuna telah di tangan. Namun, aku belum paham bagaimana cara agar bisa punya website pribadi, seperti penulis beken lainnya.

Aku pun menghela napas, lalu menggaruk tengkuk yang tidak gatal. Persis seperti yang dilakukan tokoh-tokoh fiksi di novel-novel online yang biasa kubaca.

Bingung harus memulai dari mana, akhirnya aku memutuskan untuk menelepon Sinta. Dia memang sahabat sekaligus seniorku di literasi digital ini. Setelah mencari namanya, aku pun langsung menekan ikon telepon di pojok kanan atas. 

“Assalamualaikum, Sin, kamu sibuk?” tanyaku memulai obrolan. 

Karena hendak berkonsultasi tentang topik yang mungkin cukup panjang, tentu akan sungkan jika aku mengganggu waktu sibuknya. Terlebih saat ini ia juga sibuk mengurus usaha bunga. Sehingga, menanyakan ketersediaan waktunya adalah hal pertama yang harus kulakukan.

“Waalaikumsalam. Gak, kok. Lagi rehat aja, kenapa, Kak?” Jawabannya pun membuatku lega. Aku juga sudah menyelesaikan tulisan pesanan klien sehingga bisa lebih bebas untuk mengobrol dengannya.

Kucingku pun sudah kenyang. Jadi si oren tidak lagi menggangguku dengan teriakannya yang membahana. Kulirik, tubuh gempalnya sudah merebah dan napasnya naik turun. Dia sudah tidur.

“Aku mau buat website sendiri, Sin. Caranya gimana, ya? Susah gak ya?” tanyaku setelah bercerita mengenai hasil pemikiranku barusan.

“Kalau mau #naik level, kita memang harus punya website pribadi, sih, Kak. Ibaratnya, kalau nulis di media itu kita ‘numpang’ sama orang. Nah, kalau nulis di website pribadi, kita nulis di rumah kita sendiri,” tuturnya sebelum menjawab pertanyaanku.

“Soalnya kita dan semua orang sih kayaknya, pasti butuh website pribadi buat personal branding. Zaman sekarang siapa sih yang gak buka Google buat mencari sesuatu? Kucing deh, kayaknya. 

“Makanya, karena di era digital ini semua orang pasti nyari informasinya di Google, kita juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan orang. Caranya gimana? Ya buat web pribadi itu tadi. 

“Dengan begitu kita jadi lebih mudah dikenal. Tukang jam saja punya web pribadi biar dikenal sebagai tukang jam. Masa kita sebagai penulis gak punya web pribadi biar dikenal sebagai penulis.”

Kalimat terakhir yang diucapkan Sinta ini berhasil menamparku tepat sasaran. Aku pun berpikir, benar juga, ya. Saat ini semua orang, bahkan tukang jam, pun punya website pribadi. Masa aku gak?

“Tapi personal branding itu caranya juga harus benar, Kak. Gak cukup cuma di media sosial, aja,” imbuhnya.

Sinta pun menjelaskan mengenai basis media sosial dan website sebagai tempat untuk menaikkan personal branding. Aku pun semakin antusias dan berkonsentrasi penuh untuk mendengar penjelasannya. 

“Media sosial itu pakai basis timeline, jadi postingan lama bakal tenggelam karena tertumpuk postingan baru. Akibatnya, informasi yang mau disampaikan juga tenggelam,” bebernya.

“Pengunjung jadi sulit karena harus scrolling buat mencari informasi yang dia butuhin. Tapi sisi positifnya, media sosial tetap dibutuhkan untuk personal branding karena cocok untuk menyajikan update secara cepat,” imbuhnya.

Menurut Sinta, berbeda dengan website. Adanya ‘menu’ di tampilan website membuat informasi yang disajikan menjadi terstruktur dan mudah dicari. 

Selain itu, nama domain yang tersemat di website juga akan mewakili sebuah merek di jagat maya. Jadi, gak heran kalau website juga bisa meningkatkan citra secara profesional.

Sinta juga menambahkan kalau dengan memiliki hosting, aku juga bisa mendapat e-mail professional. Jadi, kepercayaan konsumen yang mau pakai jasaku akan meningkat kalau aku pakai e-mail jenis ini. 

Ini adalah poinnya. Karena setelah membuka jasa ghost writer selama satu tahun, aku tidak terlalu banyak memiliki klien. Sehingga, aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk menulis di media elektronik.

Mungkin dengan meningkatkan personal branding, aku bisa #naik level punya banyak klien seperti Sinta. This is my dream!

“Terus cara punya domain ini gimana?” tanyaku mengulang pertanyaan yang tadi belum dijawab Sinta.

“Kalau itu, gampang. Serahin ke Rumahweb aja!” imbuhnya.

Mendengar penuturannya, dahiku pun mengkerut secara spontan karena bingung. Apa itu Rumahweb?

Mengenal Rumahweb

Rumahweb adalah website yang menyediakan layanan jasa hosting dan domain murah. Memiliki slogan “#ThinkBig #GrowBigger Onlinekan Bisnismu Sekarang dengan Web Hosting Indonesia”, Rumahweb bisa membantu konsumen untuk bisnis maupun personal branding. 

Dimulai dari membuat website instan dan e-mail untuk bisnis, semuanya bisa di Rumahweb. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi konsumen sepertiku yang ingin memulai personal branding agar bisa mendunia lewat website pribadinya. 

Setelah mendapat rekomendasi dari Sinta, aku pun langsung mengunjungi situs resmi Rumahweb dan terkejut dengan penawaran yang diberikan. 

Karena layanan web hosting Indonesia dari Rumahweb punya hosting murah, cepat dan aman hanya dengan Rp 99.000 setahun.

Wow, murah banget!

Apa Saja Layanan di Rumahweb?

1. Domain

Bagi yang belum paham, secara sederhana domain bisa diartikan sebagai nama untuk website. Sebagai contoh, nama domain untuk website Rumahweb adalah Rumahweb.com. Selain website, domain juga digunakan untuk e-mail seperti nama@namadomain.com.

Berikut beberapa pilihan domain beserta harganya yang ditawarkan oleh Rumahweb.

Daftar Harga Domain di Rumahweb (rumahweb.com)
Daftar Harga Domain di Rumahweb (rumahweb.com)

Melihat banyaknya pilihan ini membuat kita bisa memilih domain yang paling cocok sesuai kebutuhan. Kalau kayak gini, personal branding jadi makin mudah, ya. Karena gak perlu dana yang besar, semua orang bahkan personal sepertiku juga bisa punya domain sendiri. 

Gak heran kalau mereka punya slogan, “Temukan domain yang paling cocok untuk Anda, daftarkan dan beli domain murah sekarang juga!”

2. Web Hosting

Hosting adalah tempat menyimpan file website di sebuah server agar bisa diakses dari internet. 

Hosting juga bisa menyimpan e-mail, sehingga kita bisa membuat e-mail dengan domain sendiri dilayanan web hosting. Sehingga, setelah membuat website, kita juga membutuhkan hosting.


Baca Juga: 3 Promo IndiHome Terbaru Mei 2023, Cocok buat Ngonten Asyik di Media Sosial


Di Rumahweb, ada layanan Web hosting Indonesia, yang meletakkan servernya di datacenter Indonesia. 

Network hosting ini akan terkoneksi langsung dengan internet exchange lokal seperti IIX, OpenIXP, CDIX, dll. sehingga, pengunjung asal Indonesia bisa mempercepat akses di website kita 

Mengapa memilih hosting Indonesia? 

Karena kalau pengunjung website kita mayoritas berlokasi di Indonesia, aksesnya akan lebih cepat jika memakai layanan hosting Indonesia dibanding layanan hosting luar negeri.

Setelah pembayaran domain dan hosting melalui transfer bank, billing Rumahweb akan melakukan verifikasi dan layanan akan langsung diaktifkan.

Namun, jika konsumen menggunakan pembayaran online, seperti: virtual account, QRIS, kartu kredit, dan lain-lain, makan layanan akan langsung aktif tanpa perlu konfirmasi.  

Namun, ada beberapa layanan yang tidak bisa langsung aktif. Di antaranya: domain dengan ekstensi .co.id; .or.id; dan ekstensi lain yang memiliki persyaratan. Selain itu, layanan lain seperti SSL dengan jenis OV (Organization Verification) dan EV (Extended Verification).

Domain jenis ini akan diaktifkan saat persyaratanmu dapat diverifikasi oleh Registrasi Rumahweb.

Berikut daftar hosting beserta harganya yang disediakan oleh Rumahweb.

Daftar Harga dan Layanan Hosting Rumahweb (Rumahweb.com)

3. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah layanan hosting yang praktis dan mudah tapi dengan resource (CPU, RAM, dan Storage) yang dedicated.

Maksud dari dedicated di ini adalah Rumahweb menjamin CPU, RAM, dan storage bisa digunakan sesuai satuan yang dialokasikan.


Baca Juga: IndiHome, WiFi Anti Lelet untuk Streaming Konser Online


Siapa Saja yang Membutuhkan Cloud Hosting?

Cloud Hosting Rumahweb

Ternyata banyak banget ya yang butuh hosting. Maka dari itu, Rumahweb menyediakan beragam layanan dengan harga sebagai berikut.


Daftar Harga dan Layanan Cloud Hosting Rumahweb
Daftar Harga dan Layanan Cloud Hosting Rumahweb (rumahweb.com)

4. Jasa Pembuatan Website Instan

Nah ini yang paling menarik buatku, jasa pembuatan website instan. Bagi yang belum paham atau yang gak punya waktu untuk bikin website sendiri kayak aku, layanan ini sangat membantu banget.

Karena aku bisa nulis, nanti materinya bisa dari aku dan jasa Rumahweb tinggal ngurus sisanya. Begitu juga kalau yang punya brosur atau materi lain, tim Rumahweb siap membantu mengaplikasikan konten dari brosur ini ke website kita. 

Terus kalau belum punya materi bagaimana? Eits, jangan khawatir. Karena tim Rumahweb juga siap membantu menulis konten untuk website yang akan dibuat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, website memiliki basis ‘menu’. Sehingga memudahkan pengunjung untuk cepat mendapatkan informasi yang diinginkan tanpa capek menggulir layar.

Jadi makin gak sabar ‘kan buat punya website sendiri. Apalagi website ini bisa jadi secara instan dengan bantuan Rumahweb.


Baca Juga: Bye-bye, Buruh!


Berikut spesifikasi layanan dan daftar harga website instan yang ditawarkan oleh Rumahweb.

Website Instan Rumahweb
Website Instan Rumahweb (rumahweb.com)

5. E-mail Bisnis by Titan

Titan Mail adalah layanan e-mail bisnis dengan harga murah yang cocok untuk kebutuhan e-mail personal, bisnis, dan perusahaan.

Sehingga, kita bisa punya e-mail bisnis sesuai dengan nama bisnis atau domain situs web secara mudah dan hemat. 

Wis, pokoknya Rumahweb ini mempermudah hidup banget dan gak perlu galau masalah harganya.

Kayak yang dibilang sama Sinta tadi, kalau ada klien yang melihat e-mail bisnis yang selaras dengan nama bisnis kita, mereka cenderung akan lebih mengenali kita.

Sehingga kepercayaan serta legitimasi pun akan semakin mudah didapat. Ini nih yang dibutuhin sama personal yang lagi personal branding kayak aku!

E-mail bisnis Titan ini juga bisa disetting ke HP dengan cara unduh aplikasi Titan Mail. Untuk bisa pakai Titan, kita gak perlu website aktif. Namun, kita tetap perlu domain sendiri untuk buat e-mailnya. 

Ini daftar layanan dan harga dari e-mail bisnis by Titan yang ditawarin sama Rumahweb.

E-mail bisnis Titan Rumahweb
E-mail bisnis Titan Rumahweb (rumahweb.com)

Apa Kata Orang Tentang Rumahweb?

Apa Kata Orang Tentang Rumahweb?
Apa Kata Orang Tentang Rumahweb? (rumahweb.com)

Melihat banyak orang yang memberi rating bintang lima di situs penyedia domain murah ini membuatku gak ragu lagi buat ikutan pakai Rumahweb.

Awalnya sempat terbersit, mungkin kalau murah, pelayanannya gak maksimal atau mungkin kalau murah, fasilitasnya gak lengkap.

Ternyata aku salah banget karena melihat pengalaman orang lain yang sudah pakai layanan ini merasa puas banget dengan servicenya. 

Siapa Saja yang Sudah Pakai Rumahweb?
Kerjasama Brand Ternama dengan Rumahweb
Kerjasama Brand Ternama dengan Rumahweb (rumahweb.com)

Melihat banyak bisnis dan brand-brand besar yang sudah pakai jasa RumahWeb, sekarang aku jadi makin yakin sama rekomendasi dari Sinta ini.

Kredibilitasnya sudah teruji dari liat review banyak orang. Jadi makin gak sabar buat cepet pakai jasanya. Apalagi harganya murah banget!

Keunggulan Rumahweb

Keunggulan Rumahweb (rumahweb.com)

Rumahweb memfasilitasi pelanggan gak hanya dipemasangan jasa, tapi juga sedia 24 jam selama seminggu, memberi tutorial lengkap, dan garansi uptime.

Nah, ini nih yang penting banget. Jadi buat pemula gak perlu bingung karena mereka nyediain tutorial secara lengkap, dan siap membantu kapan pun kalau ada kendala. Gak kalah penting, tentu saja garansinya ini, Bos.

Yuk ikutan bareng aku untuk pakai jasa Rumahweb sekarang juga!

 

Comments