Aku Capek Ngejar Berita Trending!

Berita Trending
Dokumentasi Twitter

Hai, apa kabar?

Kali ini aku mau membahas tentang trending, lagi. Sebenarnya, aku pernah membuat 2 artikel terkait hal ini sebelumnya, kalian bisa membacanya di Yoursay.id maupun di Viva.co.id.

Disitu aku menjelaskan alasan mengapa nama idola KPop sering menghiasi trending di Twitter hingga mengapa KPopers sering war di media sosial berlogo biru itu.

Agar tidak salah paham, khususnya untuk non KPopers atau kalian yang hanya merasa penasaran, kalian bisa membaca opini dan ulasanku di 2 artikelku sebelumnya.

Ide untuk menulis tulisan itu sebenarnya muncul ketika temanku yang non fans bertanya tentang topik ini. Berangkat dari pertanyaan itu, akhirnya aku membuat ulasannya.

Anyway, kembali ke topik trending, mungkin yang kebetulan membaca berita pasti tahu kalau sejak tanggal 1 Juni 2023, nama EXO dan EXO CBX sedang menjadi topik hangat di berbagai media.

Melansir Soompi pada Kamis, (1/6/2023), hal ini karena EXO CBX (Chen, Baekhyun, dan Xiumin) memutus kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment.

Sejak breaking news itu mengudara, berita-berita lanjutan terkait kasus ini terus dirilis oleh media-media resmi Korea seperti Naver. Tak heran bila topik ini terus bertahan di barisan trending di Twitter hingga opini ini ditulis (3/6/2023 pukul 19:23 WIB).

Namun, di sini aku gak mau membahas tentang EXO CBX atau kebobrokan SM karena terus merilis kebohongan palsu di depan publik hingga membuat topik ini begitu panas.

Namun, di sini aku mau membahas tentang bagaimana tidak nyamannya berselancar di Twitter sejak kasus ini merebak.

Baca Juga: Coldplay-Coldplay, 2023 itu Tahunnya SHINee!

Sama seperti topik lain yang sedang trending, info terkini tentang EXO CBX dan SM terus bermunculan di beranda Twitterku karena semua orang seperti sedang membicarakan hal ini.

Terlebih karena aku seorang fans, sehingga algoritma Twitter membuat topik ini terus bermunculan, bahkan menutupi topik-topik lain yang biasanya muncul di berandaku.

Bermain Twitter yang awalnya menyenangkan dan bisa menjadi hiburan, tiba-tiba berubah menjadi sesuatu yang membuatku stres.

Hal ini tentu saja karena karena aku adalah seorang fans, sehingga topik ini sangat membuatku tidak nyaman. Hingga aku berada di suatu titik lelah untuk bermedia sosial.

Ini bukan kali pertama aku alami. Karena sebagai penulis konten berita, aku sehari-hari memang ‘diharuskan’ untuk update dengan berita-berita trending untuk ditulis. Namun, kali ini rasanya lebih lelah dibanding sebelumnya.

Di fase ini, aku merasa bahwa beristirahat sejenak dari media sosial itu tidak ada salahnya, bahkan jika kamu penulis berita sekalipun. Di sini bukan berarti berhenti menulis. Namun, beralih sementara untuk menulis topik-topik lain yang lebih ringan.

Selain itu, aku juga semakin sadar bahwa jangan merasa bersalah ketika sedang tidak menulis. Hal ini sering aku atau mungkin beberapa teman-teman penulis lain alami. Melihat teman lain yang terus produktif membuat kita merasa harus terus bisa seperti mereka.

Padahal, mengambil jeda itu sama sekali tidak salah. Karena, menurut pengalamanku dan beberapa penulis lain, menulis di saat lelah memang hasilnya sering tidak maksimal. Terlebih bila hal yang ditulis itu adalah berita yang akan diekspos di media masa.

Tentu akan mengganggu bila kita menyampaikan informasi yang salah karena kurang fokus dan teliti ketika menulis.

Mungkin ini juga karena masalah prinsip. Aku cenderung lebih suka mempertahankan kualitas tulisan dibanding hanya mengejar traffic.

Selain itu, menulis di media masa memiliki pakem yang berbeda dan kode etik jurnalistik yang harus dipatuhi. Tentu hal ini sangat berbeda dengan ketika menulis di Wattpad atau blog pribadi yang lebih bebas dan ‘sesukanya’.

Kalau kalian, pernah merasa sangat lelah setelah berselancar di media sosial sepertiku? Coba bagi cerita kalian ya!

Comments