IDN App, Kemudahan untuk Baca Berita Hingga Aplikasi Live Streaming

Ilustrasi Mendengarkan Live Streaming (Pixabay/PourquoiPas)

Setelah beberapa kali kesulitan ngobrol sama teman-teman karena kurang up to date, aku merasa bahwa baca berita dan aplikasi live streaming itu sangat penting.

Terlebih di era derasnya arus digitalisasi seperti sekarang ini. Semua informasi semakin mudah diakses dalam genggaman, pun semakin banyak isu-isu viral karena diangkat ke publik.

Awalnya, aku merasa tidak apa-apa untuk tidak selalu ‘tahu’ akan banyak hal. Namun, setelah aku mencoba untuk lebih terbuka terhadap berita terlengkap dan berita terbaru, aku menjadi semakin sadar bahwa banyak pelajaran moral yang bisa diambil dari kejadian yang diliput oleh teman-teman penulis.

Aku jadi sedikit menyesal mengapa selama ini mengabaikan hal ini. Ternyata, di balik berita hari ini, baik yang positif maupun negatif, aku jadi bisa lebih ‘melek’ terhadap dunia.

Berbarengan dengan itu, aku juga semakin dihargai ketika mengobrol, baik dengan teman maupun keluarga, karena wawasanku yang semakin bertambah.

IDN App untuk Baca Berita dan Aplikasi Live Streaming

Sayangnya, di awal-awal aku mulai membuka diri terhadap beragam berita Indonesia, aku kesulitan mencari aplikasi baca berita yang diinginkan.

Kalian tahu sendiri ‘kan kalau sekarang banyak sekali hoax hingga berita clickbait yang isinya bikin mengelus dada.

Namun, tantangan ini tidak membuatku menyerah untuk terus mencari informasi yang kredibel, terpercaya, terlengkap, dan ter-up to date. Usahaku ini akhirnya membuahkan hasil sejak aku menemukan IDN App.

IDN App adalah aplikasi baca berita yang membuatku tercengang kala itu. Karena selain menyajikan berita terbaru dan berita terlengkap, IDN App juga memiliki banyak sekali fitur menarik. Salah satunya adalah bisa menjadi aplikasi live streaming.

Menurutku, inovasi untuk membuat aplikasi baca berita serasa seperti media sosial ini sangatlah brilian. Karena memudahkan pengguna untuk tidak mengunduh banyak aplikasi. Hal ini tentu menguntungkan bagi pengguna yang memiliki memori ponsel terbatas sepertiku. Cukup dengan 1 aplikasi, tetapi fitur-fiturnya sangat beragam dan menarik.

Winston Utomo dan William Utomo selaku pendiri IDN Media seakan benar-benar cermat dalam memikirkan target pasar mereka yaitu generasi Y dan generasi Z.

Winston Utomo dan William Utomo (IDN Times)
Karena menurut Bappenas 2019, mayoritas penduduk di Indonesia adalah orang dengan rentang usia 20-35 tahun (generasi Y dan Z) atau sekitar 23,5% dari total penduduk Indonesia.

Angka yang cukup besar ini membuat pola tingkah laku dan kebiasaan masyarakat di Indonesia ini mulai berubah. Seperti aku, misalnya, dan kebanyakan orang-orang di rentang usia ini memang banyak menghabiskan waktu dengan ponselnya.

Menurut Kompas, 62% gen Y dan gen Z memiliki kebiasaan up to date terhadap berita harian. Namun, mereka yang lahir di era digital ini mayoritas memiliki cara membaca berita yang berbeda dibanding generasi terdahulu.

Survey di Juni 2020 silam menunjukkan bahwa rata-rata gen Z di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 8.5 jam perhari dengan bermain ponsel, termasuk membaca berita dan bermain media sosial.

Fakta ini pun membuat Winston Utomo dan William Utomo mencetuskan ide untuk menggabungkan platform berita dan vibe media sosial dalam 1 aplikasi sebagai bentuk adaptasi terhadap perkembangan zaman.

Hanya dengan 1 aplikasi, pengguna sepertiku sudah bisa mengakses banyak berita dari IDN Media, meliputi: IDN Times, POPBELA.com, POPMAMA.com, Yummy dan FORTUNE Indonesia.

Topiknya pun beragam, mulai dari kuliner, parenting, kesehatan, sains, hiburan, dan lain sebagainya. Banyaknya topik ini tentu akan memungkinkan lebih banyaknya jangkauan pengguna, meski target utama dari aplikasi ini adalah para gen Y dan gen Z.

Fitur Berita

Secara umum, IDN App dengan fitur berita banyak membantuku dalam menemukan topik yang ingin aku baca. Di menu home, aku bisa memilih bacaan, mulai dari yang terbaru, trending, viral, hingga Piala Dunia U 20 2023.  

Sementara di menu explore, aku bisa memilih pilihan media di IDN hingga puluhan topik yang ditulis penulis. Aku hanya perlu mengetik kata kunci di kolom pencarian yang ada di bagian paling atas menu eksplore, atau menekan topik yang diinginkan di bagian "Pilihan Topik di IDN".

Menu Explore IDN App

Mesti banyak berita di aplikasi ini yang ditulis oleh penulis lepas, aku gak pernah khawatir baca berita di IDN App karena semua artikel yang tayang di media ini telah melalui proses kurasi oleh para editor yang kredibel. Sehingga, artikel-artikel di IDN App sudah pasti sumbernya terpercaya dan anti hoax. 

Kok aku bisa tahu?

Karena selain membaca, aku juga mencoba peruntungan dengan menjadi penulis di sini. Melalui menu tambah (+), aku bisa mulai menulis berita untuk menukarnya dengan poin yang bisa dicairkan menjadi saldo e-wallet hingga bank.

Masih di menu explore, IDN App juga punya banyak misi yang sangat menguntungkan penulis yang mau menulis berita, nih. Jadi, aku gak pernah ketinggalan promo dan event terbaru media berlogo merah ini sejak mengunduh aplikasinya.

Kalau berhasil menyelesaikan misi menulis di IDN App, aku jadi bisa mengumpulkan jumlah poin lebih cepat yang artinya aku bisa semakin cepat gajian.

Selain itu, IDN App juga memudahkan penggunanya untuk memantau status artikel yang mereka kirim melalui menu notification. Wah, menu ini nih yang paling bikin deg-degan. Nunggu notifikasi dari editor IDN sudah sama seperti menunggu kabar dari doi aja. Bikin pengen buka aplikasi terus! 

Selanjutnya, jumlah poin dan artikel-artikelku yang telah lolos kurasi akan muncul di menu profil. Di bagian ini, juga ada jumlah follower dan following, seperti media sosial pada umumnya.

Aku jadi bisa mengikuti penulis favoritku dan juga menemukan pembaca yang mengikuti tulisanku berkat aplikasi ini.

IDN App juga aplikasi yang ramah bagi pemula karena melalui profil, penulis pemula bisa ikut berkontribusi dengan bantuan menu "kreator".

Selain mendapat tips-tips agar tulisanmu cepat lolos kurasi, kamu juga bisa melihat draft, artikel yang dimoderasi, revisi, hingga ditolak di bagian ini. 

Cara Menulis Berita di IDN App

Cukup dengan 5 langkah kamu sudah bisa menjadi penulis yang mejeng di aplikasi bergengsi ini.

Ilustrasi Cara Tulis Berita di IDN App (Instagram/idn_app)

1. Kik tanda tambah (+) lalu pilih “Tulis Berita”

2. Kemudian tulis judul dan artikelmu

3. Jangan lupa upload gambar yang sesuai dengan artikel yang ditulis, ya!

Ilustrasi Cara Tulis Berita di IDN App (Instagram/idn_app)

4. Selanjutnya tulis subjudul dan deskripsi listicle ke-1, ke-2, dan seterusnya

5. Kamu juga bisa menyisipkan embed email atau akun media sosialmu sebagai branding diri

Fitur IDN LIVE dan Website Live Streaming

IDN App dan Website IDN App

Mengutip Instagram @idn_app pada Senin, (12/6/2023), IDN LIVE adalah platform live streaming yang menghubungkan konten kreator dan komunitasnya. Melalui IDN LIVE, para konten kreator ini diberi wadah agar suaranya bisa didengar, berinteraksi, da membangun hubungan dengan audiens.

Ketika melakukan live, para pendengar bisa menemukan konten kreator yang mereka suka, kemudian membangun komunitas.

Dituntut untuk kreatif, IDN LIVE adalah platform live streaming yang unik dan berbeda karena mengusung tema yang beragam. Sehingga bagi pendengar sepertiku yang gak suka mabar game online atau live shopping, aku bisa memilih topik lain yang dibawakan para konten kreator.

Kalau kayak gini, rasanya live streaming gak membosankan karena aku bisa memilih topik lebih banyak, seperti kisah horor, kisah lucu, tutorial dandan, nyanyi bareng, hingga tanya jawab berhadiah.

Cukup dengan klik fitur IDN LIVE lalu tekan menu "Explore", aku sudah bisa melihat streamer yang sedang trending, terjadwal, hiburan, dan E-sport. 

Seperti yang aku bilang tadi, karena aplikasi ini seperti menggabungkan media berita dan media sosial, aku juga bisa memilih mode terang maupun gelap sebagai tampilan layarnya. 

Selain itu, aku juga berinteraksi dengan para streamer melalui kolom live chat. Kalau aku suka banget sama kontennya, aku juga bisa mengapresiasi streamer favorit dengan Virtual Gift. Uniknya, Virtual Gift ini namanya lucu-lucu, mulai dari, rawon, sate, komodo, hingga cendrawasih.

Buat kamu yang baru mengunduh IDN App, akunmu akan auto terisi Gold untuk jajan Virtual Gift. Gold ini juga bisa ditambah dengan top up melalui Google Play atau App Store. Harganya juga ternyata gak bikin dompet bolong.

Jadi bisa semakin menghargai karya orang lain (para streamer) karena aku tahu bikin konten itu gak mudah.

Beruntungnya, semakin banyak memberi gift, ternyata aku juga semakin berpeluang dapat shout out atau ucapan terima kasih yang hangat dari streamer.

Kalau dimulai dari sekarang, aku yakin ini bisa jadi tempat website live streaming besar di beberapa tahun kedepan. Jadi para streamer semakin bergaung karena telah memulai karirnya sedini mungkin.

Lalu, apa bedanya IDN LIVE dan Website IDN App?

Sebenarnya sama saja. seperti yang terlihat digambar, pengguna tetap bisa live streaming di aplikasi maupun website IDN App. Pendengar tetap bisa menikmati konten streamer favoritnya. Sementara streamer tetap bisa mendapat keuntungan dengan banyaknya bonus hingga Virtual Gift yang disediakan.

Menarik, bukan?

 Cara Top Up Gold

Ilustrasi Cara Top Up Gold (Instagram/idn_app)

1. Di laman profil, klik “Gold”

2. Selanjutnya, pilih “Gold” yang mau dibeli

3. Tekan “Beli”

Ilustrasi Cara Top Up Gold (Instagram/idn_app)

4. Selesaikan pembayaran dan jumlah “Gold”-mu langsung bertambah

Meski cukup dengan 4 langkah mudah, tapi tetap teliti ya. Pastikan saldomu gak kurang dan double check lagi saat pembelian “Gold”

Cara Jadi Streamer

Setelah memahami sistemnya, sempat terbersit sih untuk gak cuma jadi audience, tapi juga jadi streamer.

Ternyata setelah melihat di ikon tambah (+) dan klik "Live Streaming", cara untuk jadi streamer ini juga mudah banget.

Hanya dengan 4 syarat, yaitu: koneksi, OS, stay, dan Relogin, aku sudah bisa menjadi streamer di aplikasi ini. Selain itu, sama seperti tulis berita, IDN App memberi tips agar kontenku makin keren. 

Cara Jadi Streamer di IDN App (IDN App)

Selain tips dan syarat untuk menjadi streamer, IDN App juga memiliki pedoman yang harus dipatuhi semua konten kreator yang mau berkarya di aplikasi ini.

Ini nih hal lain yang aku suka. Karena dengan rambu-rambu ini IDN App berusaha menjaga kualitas kontennya. Berikut beberapa hal yang harus kamu baca secara seksama dan pahami, ya. Biar bisa terus berkarya dengan aman dan nyaman.




Panduan Live Streaming di IDN App (Instagram/idn_app)

Sama seperti penulis konten, para streamer juga berkesempatan mendapat banyak keuntungan dari kreatifitasnya. Pokoknya bisa makin cuan dengan kecanggihan teknologi.

Di era digital ini, modal untuk mendapat uang bukan lagi cuma ngirim berkas lamaran kerja sana-sini. Tapi juga harus kreatif, punya skill, dan percaya diri.

Salah satunya dengan menjadi streamer di IDN Live. Kalau punya kisah, hobi, atau skill yang mau dibagi, plus PD depan kamera, langsung aja jadi streamer sekarang juga.

Makin Cuan dengan Menjadi Streamer di IDN App (Instagram/idn_app)

Sama seperti dua bersaudara Winston Utomo dan William Utomo di 8 Juni 2014, karena mereka mau inovasi dan beradaptasi makanya bisa terus eksis hingga sekarang.

Kalau belajar dan mau mengikuti kesuksesan dua bersaudara ini, jangan kekeh lagi sama cara-cara kuno, ya. Yuk move on menjadi millennial cerdas bersama IDN LIVE!

IDN APP Hack

Seperti yang sudah aku jelaskan tadi, IDN App punya 2 fitur unggulan, yaitu baca berita dan live streaming. Namun, kerennya aplikasi ini gak cuma sampai di sini, karena pengguna bisa menikmati kedua fitur ini sekaligus di saat yang bersamaan.

Kok bisa?

Bisa, dong. Ini namanya IDN App Hack. Caranya gampang banget.

Ilustrasi IDN App Hack (Instagram/idn_app)
1. Pilih  LIVE lalu minimize layar

2. Kemudian, pilih berita yang ingin dibaca dan kamu bisa langsung menikmati dua fitur ini sekaligus

Praktis kan? Gak sampai dua menit aku bisa langsung praktik cara ini dan tetap up to date bersama IDN App.

Nonton Film Gratis

Ilustrasi Cara Menonton Film Gratis di IDN App (Instagram/idn_app)
Sejujurnya, yang paling buat aku takjub sama aplikasi ini adalah adanya fitur menonton film gratis. Awalnya aku kira IDN App cuma menyajikan berita-berita berkualitas dan terkini, tapi ternyata aku salah besar!
 
Cukup unduh 1 aplikasi tapi aku sudah disuguhkan dengan banyak fitur hiburan yang menarik. Ini sih hemat memory banget!

Selain nonton live streaming streamer favorit, aku juga bisa rebahan sambil nonton film gratis melalui menu "Explore". Kemudian tekan “TrueID”. Melalui fitur ini kamu bisa langsung memilih film yang ingin ditonton secara gratis.

Ilustrasi Cara Menonton Film Gratis di IDN App (Instagram/idn_app)

Biar kalau diajak gibahin film sama teman gak cuma jadi pendengar lagi. Tapi aku tahu dan bisa ikutan nimbrung karena jenis film di IDN App ini banyak banget. Mulai dari film Indonesia, Korea, hingga Thailand. Waktu rebahanku terasa semakin bermakna sejak menginstal IDN App ini.

Lebih menariknya lagi karena meskipun aku mengaksesnya di HP kentang, tetapi aplikasi ini gak lemot sama sekali.

Aku cinta banget sama aplikasi ini!

QUIZ

Terakhir, hiburan lain yang bisa mengisi waktu me time dan gabutku adalah QUIZ. Ada banyak topik yang relate sama para generasi Y seperti aku gini.

QUIZ (IDN App)

Biar makin kekinian, aku juga bisa membagikan hasil kuis iseng-iseng ini melalui Instagram Story, WhatsApp, Facebook, Twitter, Line, LinkedIn, dan lain-lain.

Dengan membagikan QUIZ ini, orang lain juga bisa ikut seru-seruan bareng hiburan ringan di IDN App, ini. Kalau kamu paling suka topik apa nih untuk dimainkan?

Manfaatkan HPmu untuk Dapat Bonus Saldo dengan Kode Refferal

Dimana ada kemauan, maka disitu ada jalan. Sejak aku niat banget untuk bisa up to date biar makin nyambung kalau diajak ngobrol, disitu juga IDN App memfasilitasi dengan banyaknya fitur yang memudahkan pengguna sepertiku.

Sampai-sampai teman-temanku penasaran dan mau ikutan unduh aplikasinya juga. Maklum, aku sering banget sebut IDN App sebagai sumber dari info-info yang aku dapatkan.

Apalagi pas tahu kalau aku juga sering gajian dari menulis di IDN App. Gak heran kalau aku makin up date, karena untuk bisa menyesuaikan dengan target market platform ini, aku harus lebih banyak membaca dan menelaah topik-topik yang akan aku tulis.

Sudah berwawasan, makin cuan lagi. Kurang apa coba?

Dari ceritaku dan melihat progesku dari yang gagap informasi menjadi yang paling terdepan, mereka menilai bahwa IDN App ini pantas mendapat ulasan bintang 5.

Antusias teman-temanku untuk ikut mengunduh aplikasi yang berusia 9 tahun ini membuatku memanfaatkan referral program. Biar makin sama-sama untung.

Mungkin sebagian sudah familiar sama kode referral. Kode ini terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang bisa dilihat di menu profil.

Ketika kamu mengajak teman untuk mengunduh IDN App dengan kode referral, maka kamu berkesempatan akan mendapatkan bonus saldo hingga 75.000.

Kamu juga bisa pakai haf_3dxrxe sebagai kode referralku ya. Kalau sama-sama punya aplikasinya, kita jadi lebih mudah mengakses informasi dalam genggaman. 

Selain itu, gak perlu takut sama berita hoax karena artikel-artikel di IDN App sudah dikurasi oleh tim khusus yang kredibel dan terpercaya.

Kata Mereka Tentang IDN App

Sudah lebih dari 1 juta orang yang mengunduh IDN App di Play Store dan sekitar 11 ribu pengguna memberi bintang 3.7 untuk aplikasi ini.

Menurutku, gak heran kalau IDN App masuk dalam Top 3  atau tepatnya diurutan kedua sebagai aplikasi kategori news & magazine. Mengutip Play Store pada Senin, 12/6/2023), ada sekitar 60 juta pembaca yang membaca berita di website setiap bulannya.



Review IDN App (Play Store)

Dari semua pemaparan dan pengalamanku sebagai pengguna, aku sudah gak heran lagi karena IDN App memang sangat menjawab semua kebutuhanku hanya dalam 1 aplikasi ringan.

Terima kasih, IDN App sudah buat baca berita dan aplikasi live streaming dalam 1 aplikasi!


Sumber Bacaan:

Pengalaman pribadi

https://www.instagram.com/idn_app/

https://www.idntimes.com/news/indonesia/syifa-putri-naomi/inspiratif-kegigihan-winston-utomo-di-balik-kesuksesan-idn-media?page=all

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/edu/read/2020/12/15/200323471/kompascom-jadi-portal-berita-online-pilihan-generasi-y-dan-z

 

 

Comments