Jatuh Cinta sama Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7, Perantara Sampai Bisa Lepas Candu dari Roleplay

Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 (lenovo.com)

Gini rasanya jatuh Cinta pada pandangan pertama. Bukan sama orang, tapi sama Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7. Hadeh!

Sejak 2011, saya sudah empat kali ganti laptop. Namun baru kali ini saya nekat beli laptop yang lumayan mahal bagi kaum pas-pasan.

Setelah lulus kuliah, saya yang saat itu masih menganggur di masa pandemi mencoba mengisi waktu luang dengan kembali menekuni dunia tulis-menulis. 

Duduk-duduk dapat cuan ‘kan sedap. Zaman ini memang membuat pencari pekerjaan kantoran terasa sesulit menaklukan Laut Merah.

Namun, saya tidak menyangka kalau bidang ini ternyata membutuhkan aplikasi yang tidak hanya sekadar Microsoft Word. Sementara perangkat lama saya sudah mulai lemot seperti siput dan cepat panas seperti terkena demam. 

Saat itulah saya akhirnya menyadari kalau kuda pacu itu sudah saatnya pensiun, jikalau ingin klien saya tetap puas dengan kinerja saya. Mayoritas pembeli ingin pelayanan yang serba cepat dengan hasil baik ‘kan?

Oleh karenanya, saya ingin memiliki laptop yang ramah digunakan untuk aktivitas desain.  

Setelah alat tempur saya karam, saya akhirnya bertemu Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 di sebuah mall. Meski tidak secakep Lenovo Yoga, Lenovo IdeaPad series ini langsung membuat saya jatuh cinta!


Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 (lenovo.com)

Mengapa? Tentu saja karena laptop ini ringan, tapi juga kokoh dan tahan banting, jadi tidak perlu khawatir kalau dibawa mudik dan berdesakan dengan benda lainnya di dalam tas. 

Ia juga punya engsel fleksibel yang membuatnya terlihat elegan seperti laptop-laptop mahal itu. Sehingga saya akhirnya bisa merasakan pengalaman pertama dalam menggunakan laptop dengan mode 'Tenda', mode 'Stand' atau mode 'Tablet'.  

Dengan kemampuannya yang lebih multifungsi ini, saya jadi bahagia ketika mengetik naskah, hingga menggambar desain dan mengedit video. Tidak perlu membuang energi hanya untuk menunggu loading seperti di perangkat jadul saya. Menonton konser bias kesayangan pun juga terasa semakin nyaman karena layar Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 yang HD+.

Baca Juga: Bisa Makan dan Bayar Uang Kuliah Adik di Era Pandemi Berkat Lenovo IdeaPad Slim 3

Tak hanya itu, sensasi luar biasa lain yang saya dapatkan ketika bekerja dengan laptop ini adalah, inovasi Lenovo yang membuat mesin ini lembut dan nyaman untuk disentuh. 

Lenovo Indonesia era ini seperti benar-benar memperhatikan detail dari mesin yang diciptakannya untuk menomorsatukan produktivitas masyarakat.

Menurut General Manager Lenovo Indonesia, Budi Janto, Lenovo berusaha berkomitmen dengan memenuhi kebutuhan dan permintaan seluruh pelanggannya. 

“Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Lenovo selalu memahami kebutuhan para pelanggan. Maka dari itu, kami menghadirkan produk-produk berdasarkan masukan dan suara pelanggan,” ucap ujar Budi, seperti yang dikutip melalui Mojok, Kamis (16/2/2023).

Detail lain yang diperhatikan Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 adalah catnya yang tahan lama. Walau terkadang bergesekan dengan benda lain secara tidak sengaja, tapi laptop ini tetap mulus seperti produk baru. 


Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 (lenovo.com)

Tentunya, pengguna tetap harus berhati-hati dan merawatnya dengan baik. Sebab sebaik apa pun perangkatnya, kalau pemakaiannya ugal-ugalan tentu sama saja dengan bunuh diri.

Selain itu, laptop ini memiliki body yang ramping dengan berat hanya 1.5 kg. Tidak heran kalau punggung saya terasa ringan ketika membawa laptop ini kemana pun.

Namun bagi saya, cantik dan kuat saja belum cukup. Karena nominal Rp14 juta bukanlah angka yang kecil, jadi ekspektasi saya cukup tinggi pada laptop ini. 

Sehingga saya cukup lega dengan keamanan yang ditawarkan merk laptop ini. Karena di tengah derasnya arus digital sekarang ini, isu bocornya data privasi juga semakin marak. 

Namun, rana fisik pada webcam serta fitur sidik jari menjadi solusi kekhawatiran saya saat itu. Hati tenang, kerja di dunia siber jadi lebih fokus ‘kan?

Di sisi lain, slogan “Unleash Limitless Possibilities” yang didengung-dengungkan Lenovo yang artinya menyelami kemungkinan tak terbatas, ternyata bukanlah isapan jempol belaka. 

Buktinya. saya tidak perlu ngos-ngosan lagi untuk bertahan hidup di era new normal. Karena perangkat yang memadai membuat saya percaya diri untuk mengambil banyak tawaran kerja sama dengan berbagai pihak.


Logo Apotek Alya Farma Mataram (Dokumentasi Pribadi)

Mulai dari mendesain undangan pernikahan, membuat logo, hingga copywriting suatu produk. Kesempatan ini belum pernah terpikirkan dan terlintas di benak karena selama ini saya hanya membayangkan untuk menjadi pegawai kantoran.

Bagi saya, membeli laptop dengan spesifikasi SSD, baterai awet, panel layar IPS, RAM 16GB dengan konfigurasi dual channel, layar IPS Full HD+, prosesor Processor Intel Core i5-1235U, dan SSD 512GB, adalah keputusan yang tidak pernah saya sesali seumur hidup. Karena saya bisa balik modal hanya dalam 3 bulan.

Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 dan Roleplayer

Sejauh ini, Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 membuat saya tetap keren walau hanya bekerja dari rumah. Tetangga saya bahkan pernah mencoba laptop ini dan sama terpukaunya seperti saat saya pertama kali mencoba perangkat ini. 

Melalui perantara laptop ini, tetangga saya itu juga tidak lagi mengkhawatirkan anaknya saat sibuk menjadi roleplayer di media sosial. 

Ngeri memang. Karena menurut Kompas, roleplayer ini dapat menyebabkan kecanduan gadget, yang dapat berimplikasi pada banyak hal. Misalnya, anak menjadi tidak fokus belajar, prestasi akademik menurun, kurang tidur, gangguan fungsi kognitif, memori, konsentrasi, penilaian situasi, dan pengambilan keputusan.

Sebagai orang tua, tentu tetangga saya itu sangat mengkhawatirkan hal ini. Sehingga, mengalihkan perhatian anak mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa dicoba. 

Seperti saat Danu, anak tetangga saya itu bermain ke rumah, saya mencoba berkontribusi dengan mengajarinya desain sederhana. Hitung-hitung mengulik minatnya. Pendekatan ini saya tekuni selama beberapa minggu. 

Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 (lenovo.com)

Di luar dugaan, Danu menyukai dan antusias akan hal ini. Sejak itu, ia mulai sering membantu saya dengan bantuan laptop di rumahnya. Di sisi lain, ia mulai lepas dari ponsel dan bisa bersosialisasi secara normal. Raut wajahnya lebih ceria dan kantung matanya memudar.

Merasa senang, orang tuanya pun berencana membelikannya laptop sebagai hadiah karena laptop lamanya sudah tidak mumpuni. Atas saran saya, Lenovo IdeaPad Flex 5i 14IAU7 menjadi pilihan.

Mengutip notebookcheck.net, di 2022 laptop ini sukses membenahi hardware internal and external sehingga performanya lebih cepat dan desain visualnya lebih jernih. Padahal, budget yang diperlukan untuk menikmati fasilitas ini jauh lebih murah dibanding Yoga series, SMB ThinkBook series, atau professional ThinkPad series. 

Jadi saya rasa, Lenovo IdeaPad Flex 5i 14IAU7 memang pilihan terbaik dan sudah empat orang yang tertarik kembaran laptop dengan saya. 

Menurut situs lenovo.com, ada empat pilihan yang bisa dipilih kalau ingin memiliki laptop series ini. Ada IdeaPad Flex 5i (14'', Gen 8), IdeaPad Flex 5i (16'', Gen 8), IdeaPad Flex 5 (16'', Gen 8), dan IdeaPad Flex 5 (14'', Gen 8).

Saya rasa, kalian kalian tidak akan menyesal karena fiturnya yang berlimpah, elegan, dan budget bersaing.

 

Sumber Bacaan:

Pengalaman Pribadi

https://www.lenovo.com/id/in/laptops/ideapad/ideapad-flex-series/c/IdeaPad-Flex-Series#:~:text=IdeaPad%20Flex%205i%20(14''%2C%20Gen%208)

https://mojok.co/kilas/tekno/3-laptop-baru-lenovo-yang-siap-dukung-produktivitas-masyarakat-jogja/

https://www.notebookcheck.net/Lenovo-IdeaPad-Flex-5i-14IAU7-convertible-review-Core-i5-1235U-done-right.642379.0.html

https://pemmz.com/notebook/by-use/office-computing/lenovo-ideapad-flex-5-14iau7-26id-i7-1255u-ssd-512gb-cloud-grey.html

https://health.kompas.com/read/23F22060000568/banyak-disorot-dampak-negatifnya-pada-anak-apa-itu-roleplay?page=all

https://www.instagram.com/p/CWw0UIRvNbu/


Comments